Sabtu, 26 Februari 2011

Mak Comblang Terjebak Cinta


RINGKASAN CERITA


Sepasang sahabat bernama Chaca dan Oliv, di sekolah mereka kedatangan seorang siswa cowok yang ganteng, dia bernama Ruben. Mula-mula deket sama Chaca, lalu Oliv juga terpesona dan jatuh cinta sama Ruben. Lalu Oliv minta bantuan sama Chaca untuk comblangin Ruben sama Oliv.


Pada suatu malam, Ruben mengajak Chaca makan malam. Saat itu Chaca kelihatan cantik sekali, akhirnya Ruben mulai suka sama Chaca. Ketika makan malam, Chaca menceritakan tentang Oliv dan berkata bahwa Oliv suka sama Ruben.


Malam itu Oliv ke rumah Chaca dan masuk ke kamar Chaca menemukan buku diary dan membacanya. Oliv langsung marang, di sekolah Chaca dan Oliv sedang bertengkar. Ruben datang dan menarik Chaca dan menyatakan cintanya ke Chaca serta minta maaf sama Oliv. Dia seketika langsung shock dan masuk rumah sakit. Pada akhirnya dokter memberi tahu bahwa Oliv tidak bisa diselamatkan lagi karena penyakit kanker yang diderita Oliv sudah sangat parah. Dan akhirnya Ruben sama Chaca jadian dan Oliv menutup matanya untuk selamanya.



MAK COMBLANG TERJEBAK CINTA


EPISODE I


Di pagi yang cerah, sepasang sahabat sedang berbincang-bincang tentang film cinta pertama yang baru mereka tonton kemarin. Tiba-tiba bel masuk berbunyi dan mereka masuk ke kelas. Sebelum pelajaran dimulai Pak Kepala Sekolah datang dan memperkenalkan siswa baru.


Kepsek          :   “Pagi, anak-anak…….”


Murid           :  “Pagi, pak…….!”


Kepsek          :   “Sebelumnya, bapak minta perhatian kalian sebentar, karena bapak akan memperkenalkan siswa baru pindahan dari Jakarta.” (sejenak bapak Kepsek memandang Ruben dan mempersilahkan untuk memperkenalkan diri)


Kepsek          :   “Ya Ruben, silahkan.”


Ruben           :   “Terima kasih Pak, pagi temen-temen!”


Murid           :   “Pagiiiii………..!”


Ruben           :   “Perkenalkan nama saya Ruben Adi Pratama, panggil saja Ruben. Saya pindah dari Jakarta.”


Cika              :   “Ohhh, pindahan dari Jakarta ya? By the way any why busway, udah punya cewek belum, daftar boleh dong?”


Ruben           :   “Boleh, tapi sayangnya aku belum buka pendaftaran.”


Rico               :   “Huuuuu….. kasihan deh, dasar cewek centil!”


Cika              :   “Biarin aja, gini-gini kan dulu kamu pernah naksir sama aku…!”


Rico               :   “Eh, itu kan dulu. Beda sama sekarang…..!”


(Pak Ali tiba-tiba datang dan Pak Kepsek kembali ke ruangannya)


Ruben           :   “Hai, gue Ruben dan loe siapa?”


Chaca           :   “Nama gue Chaca.” (sambil bengong melihat Ruben)


 


EPISODE II


Sesaat bel istirahat berbunyi dan semua murid keluar dari kelas, lalu menuju ke kantin.


Oliv               :   “Cha, loe beruntung banget bisa satu bangku sama Ruben.”


Chaca           :   “Ah biasa aja.”


Oliv               :   “Loe, mau minum apa, gue ambilin?”


Chaca           :   Terserah loe aja deh…!”


Oliv               :   “Ya udah, gue ambilin minum dulu ya.” (tanpa pandang sana-sini Oliv menabrak Ruben, Oliv terjatuh lalu Ruben menangkapnya)


Oliv               :   “Sory….. sory, gue nggak sengaja.”


Ruben           :   “Oh…. nggak pa-pa. Lain kali hati-hati ya!”


Oliv               :   “Sekali lagi sory ya.”


(sambil pergi menuju Chaca dan menceritakan kejadian yang baru dialaminya tadi)


Oliv               :   “Cha…. tahu nggak? Tadi gue ketemu sama siapa?”


Chaca           :   “Nggak, gue nggak tahu, emang ketemu sama siapa?”


Oliv               :   “Ih Chaca, tadi gue ketemu sama Ruben. Gini….. gini……. gue ceritain, tadi waktu ambil minuman, gue nggak sengaja nabrak Ruben sampae-sampe gue mau jatuh. Tapi pada saat itu juga Ruben nangkap gue dan…….. pokoknya gue seneng banget Cha, kayaknya gue suka sama deh sama dia .”


Chaca           :   “Huuuu dasar!”


(bel masuk berbunyi dan mereka pergi ke kelas untuk pelajaran)


Pak Ali          :   “Anak-anak, hari ini kita ulangan! Siapkan selembar kertas cepat, awas jangan ada yang nyontek!”


Murid           :   “Huuu…… gimana sih pak, kita kan belum belajar!”


Pak Ali          :   “Lhoh, itu kan tugas kalian di rumah untuk belajar, udah pokoknya kita hari ini ulangan!”


Chaca           :   “Oliv…! Kamu udah belajar belum?”


Oliv               :   “Udah dong, Oliv gitu lho.”


Chaca           :   “Matu gue, padahal hue kan belum belajar, mana ulangannya Pak Ali lagi…”


(ulangan berlangsung selama satu jam dan pada saat itu Chaca nyontek lalu ketahuan Pak Ali)


Pak Ali          :   “Chaca, keluar kamu!!!”


Chaca           :   “Salah saya apa pak?”


Pak Ali          :   “Udahlah, jangan berlagak bego. Sekarang kamu bersihkan WC sampai bersih hingga bel pulang bunyi!”


Chaca           :   “Mampus gue………”


 


 


 


EPISODE III


Beberapa lama kemudian bel pulangpun berbunyi, lalu Ruben menghampiri Chaca dan mengajaknya pulang.


Ruben           :   “Hei Cha! Udah selesai belum bersihinnya?”


Chaca           :   “Udah….! Udah jangan ngledek, mendingan loe pergi sekarang!”


Ruben           :   “Cantik, maksud saya kesini baik kok, Cuma ngajak loe pulang bareng sama gue.”


Chaca           :   “Nggak usah sok baik deng loe, gue tahu kalo loe mau ngledek gue kan?”


Ruben           :   “Beneran deh, gue kesini Cuma mau nolongin loe, suwer…”


Chaca           :   “Ya udah, gue cuci muka dulu. Awas jangan ngintip, kalo sampe loe ngintip, gue jitak loe!”


Ruben           :   “Ih….. siapa juga yang mau ngintip, GR banget sih!!!”


(Ruben menunggu di luar dan Chaca keluar dari toilet)


Chaca           :   “Yuk pulang….. gue udah siap.”


Ruben           :   “Lha, gitu dong! Kalo gitu kan manis kan…”


Chaca           :   “Huuu, apaan sih baru nyadar ya, gue kan manis dari dulu.”


(lalu mereka masuk ke mobil dan segera jalan. Di perjalanan Ruben ngobrol sama Chaca)


Ruben           :   “Cha…. gimana sih loe bisa dihukum?”


Chaca           :   “Nggak tau ah….”


Ruben           :   “Nggak mungkin kalo loe nggak tau. Pasti loe bikin kesalahan?”


Chaca           :   “Gue ketahuan nyontek tadi waktu ulangannya Pak Ali.”


Ruben           :   “Emang kenapa sih loe pake nyontek segala?”


Chaca           :   “Soalnya gue semalem nggak belajar, daripada nilai gue jelek, ya mendingan gue nyontek.”


Ruben           :   “Cha… rumah loe yang mana?”


Chaca           :   “Itu yang depan, berhenti aja disini. Thanks ya….!!”


Ruben           :   “Sama-sama. Kapan-kapan gue boleh nggak ke rumah loe?”


Chaca           :   “Boleh aja, ya udah gue masuk dulu ya?”


(Ruben tidak langsung pulang, tapi melihat sampai Chaca masuk ke dalam rumah)


 


EPISODE IV


Pada malam hari saat Chaca aa di rumah ingin istirahat, baru nuli di buku diarynya tentang isi hatinya kalo dia suka sama Ruben. Oliv datang dan membunyikan bel rumah Chaca. Chaca langsung menutup buku diarynya dan membukakan pintu.


Oliv               :   “Cha….! gue mau curhat nih sama loe!!”


Chaca           :   “Soal apa? Cepet masuk ke dalam, di lura dingin nih!!!”


Oliv               :   “Gue mau tanya soal Ruben.”


Chaca           :   “Oooo… Ruben ank baru itu.”


Oliv               :   “Ya, Ruben siapa lagi? Dia kan ganteng banget.”


Chaca           :   “Emang sih, dikit.”


Oliv               :   “Cha, ambilin gue minum dong, gue haus banget nih!”


Chaca           :   “Bentar ya, gue ke dapur, loe ke kamar gue dulu aja, ntar gue susul.”


(tak lama kemudian, Chaca datang dengan membawa minuman)


Chaca           :   “Nih minumnya, cepet mau ngomong apa?”


Oliv               :   “Bentar kenapa sih, nggak sabaran benget jadi orang!”


Chaca           :   “Iya, tapi cepet!!”


Oliv               :   “Gini lho Cha…. gue suka sama Ruben pada saat pandangan pertama.”


Chaca           :   “Haah… loe suka sama Ruben?”


(Chaca bengong dan memikirkan apa yang akan terjadi kalo dia juga suka sama Ruben. Padahal Chaca tahu kalau Oliv menderita sakit kanker yang sudah semakin lama)


Oliv               :   “Heiii… hallo….. Cha… Cha….!!”


(Chaca kaget dan menjerit histeris)


Chaca           :   “Ya……. apaan sih, ngagetin aja!”


Oliv               :   “Habisnya, loe bengong aja sih! Denger tuh ada bel bunyi.”


(Chaca lalu melangkahkan kakinya untuk membukakan pintu, sementara ibunya Chaca manggil-manggil dengan kerasnya)


Ibu Chaca     :   “Cha……! bukain pintunya! Mama pulang nih…. Chaca……. Chaaa kemana sih tu anak!”


Chaca           :   “Ya mam, bentar.”


(Kemudian Chaca membukakan pintu)


Ibu Chaca     :   “Kemana aja sih kamu? Mama panggil-panggil nggak disaut, pakai acara jerit-jerit segala lagi!”


Chaca           :   “Maaf mam, soalnya Cha-ca lagi ada di kamr sama Oliv.”


Ibu Chaca     :   “ Oh, jadi Oliv ada diini tho, pantesan betah di kamar.”


Chaca           :   “Eh mam, udah dulu ya, aku mau temenin Oliv, da mami….!”


(lalu Chaca ke kamar menemui Oliv)


Chaca           :   “Sorry ya Liv, nunggu lama. Mamaku baru pulang.”


Oliv               :   “Nggak pa-pa, biasa aja lagi.”


Chaca           :   “Oya, tadi udah sampai apa tadi?”


Oliv               :   “Dasar pikun, cewek kok pikun!”


Chaca           :   “Jangan gitu dong, ntar gue marah nih.”


Oliv               :   “Ya…. iya, kita terusin ngobrolnya. Gue minta tolong nih sama loe?”


Chaca           :   “Mau minta tolong apa?”


Oliv               :   “Gue sebenarnya suka sama Ruben.”


Chaca           :   “Terus……….”


Oliv               :   “Gini Cha….. loe comblangin gue sama Ruben, gimana?”


Chaca           :   “Oh, soal itu gampang. Tapi gimana caranya?”


Oliv               :   “Loe kan sebangku sama Ruben. Loe ngomong kalo ada yang naksir dia, gitu.”


Chaca           :   “Kalau dia mau tahu orangnya siapa, yang mana…. gimana?”


Oliv               :   “Yah….. gampanglah jawab aja gue.”


Chaca           :   “Ya, gue coba deh besok.”


Oliv               :   “Kayaknya udah malam nih, gue ngantuk pingin pulang.”


Chaca           :   “Gue antar ke depan yuk….!”


Oliv               :   “Oya, nyokap loe mana?”


Chaca           :   “Oh… nyokap gue lagi istirahat.”


(Oliv dan Chaca berjalan menuju ke luar untuk mengantar dan menemani Oliv sampai dapat taksi)


 


EPISODE V


Pagi-pagi Chaca sudah berada di gerbang sekolah untuk menunggu Ruben dan kahirnya Ruben pun datang.


Chaca           :   “Ben…… Ruben, gue mau ngomong sama loe.”


Ruben           :   “Mau ngomong apa?”


Chaca           :   “Pokoknya penting………!!”


Ruben           :   “Nanti aja ngomonngnya, gue mau ngerjain PR dulu.”


Chaca           :   “Yaudah, ntar malam loe jemput gue dan ke rumah makan biasa, OK??”


Ruben           :   “Lhoh, kok gitu?”


Chaca           :   “Udahlah, pokoknya loe jemput gue.” (mendorong Ruben ke kelas)


(Ruben terburu-buru ke kelas dan Chaca menunggu Oliv di gerbang)


Chaca           :   “Oliv, loe mau tau nggak?”


Oliv               :   “Apa…..?”


Chaca           :   “Gue udah berhasil.”


Oliv               :   “Berhasil apanya?”


Chaca           :   “Gue udah ngomong sama Ruben.”


Oliv               :   “Serius loe…..!”


Chaca           :   “Ya, iyalah! Gue srius, ntar malem mau ngomongnya.”


Oliv               :   “Ya, itu mah belum namanya……….”


Chaca           :   “Tapi kan udah mau berhasil?”


Oliv               :   “Makasih Cha, loe emang sahabat gue yang paling baik.”


 


EPISODE VI


Matahari mulai sembunyi dan mengintip di ufuk barat dan Chaca pun siap-siap untuk makan malam sama Ruben. Dan beberapa menit kemudian suara klakson berbunyi, itu tandanya bahwa Ruben sudah datang. Chaca segera ke depan untuk menemui Ruben. Kemudian mereka berangkat.


Chaca           :   “Ma, aku pergi dulu ya!!”


Ibu Chaca     :   “Sayang, mau pergi kemana sih malem-malem? (melihat Chaca dengan perhatian) Wah, malem ini kami cantik bange!!”


Chaca           :   “Ah, mama bisa aja. Chaca mau makan malem sama Ruben.”


Ibu Chaca     :   “Siapa Ruben itu, pacar kamu ya?”


Chaca           :   “Bukan ma, Cuma temen kok.”


Ibu Chaca     :   “Temen apa temen………..?”


Chaca           :   “Beneran ma, temen………”


Ibu Chaca     :   “Ya udah, mama percaya sama kamu, hati-hati ya….”


Chaca           :   “Da mama….. Assalamu’alaikummmmm.” (sambil mencium tangan mamanya)


(Ruben seketika terpesona dengan kecantikan Chaca, ketika melihatnya tampil seperti selebriti Bollywood, dan Rubenpun mulai tertarik dan jatuh cinta sama Chaca)


Chaca           :   “Hey…. Ben! Kenapa loe ngeliat gue kayak gitu?”


(Ruben kaget)


Ruben           :   “Habis loe cantik banget malem ini, kayak artis Bollywood….”


Chaca           :   “Ah, masak sih, Ben! Kepala gue jadi gede nih.”


Ruben           :   “Beneran, loe emang cantik banget….”


Chaca           :   “Udah ah, ayo cepetan! Ntar keburu malem lagi……..!!”


(Ruben segera membukakan pitu mobil buat Chaca dan masuk, beberapa saat kemudian mereka sampai di tempat tujuan)


Ruben           :   “Cha…. loe mau makan dan minum apa?”


Chaca           :   “Terserah deh, pokoknya yang paling enak.”


(Ruben kemudian memanggil pelayan restoran dan memesan makanan)


Ruben           :   “Mbak…….”


Pelayan         :   “Ya, mas mau pesen apa?”


Ruben           :   “Makanan dan minuman yang paling enak disini.”


Pelayan         :   “Berapa, mas?”


Ruben           :   “Dua makanan dan dua minuman, cepat nggak pake lama.”


Pelayan         :   “Baik mas, tunggu bentar ya….”


(Kemudian pelayan mengambil pesanan mereka, dan beberapa saat kemudian datang membawa makanan pesenan Ruben)


Pelayan         :   “Ini mas, pesenannya.”


Rub + Cha    :   “Makasih ya………”


(sambil makan dan mulai ngobrol)


Ruben           :   “Oh ya Cha…. katanya loe mau ngomong, mau ngomong apa sih?”


Chaca           :   “Gini Ben, sebenarnya sahabat gue itu suka sama loe.”


Ruben           :   “Sahabat loe yang mana?”


Chaca           :   “Oliv………….”


Ruben           :   “Oliv………????” (dengan kaget dan memuntahan makannnya di meja makan)


Chaca           :   “Gimana Ben………?”


Ruben           :   “Gue nggak bisa jawab sekarang…..”


Chaca           :   “Ya, nggak pa-pa, gue nggak maksa kok.”


(beberapa lama kemudian mereka pulang, Chaca diantar pulang. Sesampai di rumah Chaca langsung tidur dan paginya Oliv sudah menunggu di gerbang untuk menunggu Chaca yang pada akhirnya datang juga)


Oliv               :   “Chacaaaa………..”


Chaca           :   “Apaan sih Liv, teriak-teriak.”


Oliv               :   “Gimana…???”


Chaca           :   “Gimana apanya?’


Oliv               :   “Yang kemarin gue bilang itu…..”


Chaca           :   “Ohh itu, beres….. tinggal nunggu jawaban Ruben aja.”


Oliv               :   “Jadi belum ada jawaban, tapi nggak pa-pa deh, namanya juga usaha, kali aja di bukain hatinya untuk gue.”


Chaca           :   “Iya gitu dong, jangan nyeah, semangat.”


 


EPISODE VII


Malam-malam Oliv datang lagi ke rumah Chaca untuk ngobrol tentang Ruben.


Oliv               :   “Chaca….”


Chaca           :   “Ya tunggu sebentar (Chaca membuka pintu), Oliv….. ada apa malem-malem kesini?”


Oliv               :   “Ya…… biasalah.”


(mereka langsung ke kamar Cahaca, kemudian Chaca mengambil minum seperti biasa)


Chaca           :   “Gue ambilin minum dulu ya!”


(sementara Chaca mengambil minuman, Oliv keliling di kamar Chaca dan menemukan buku diary, dibukanya langsung dibaca lalu ia kelihatan shock)


Oliv               :   “Nggak, nggak mungkin…………..”


(Chaca masuk dengan membawa minuman)


Chaca           :   “Kenapa sih, Liv….”


(Oliv langsung keluar dengan marah, menangis dan kecewa)


Chaca           :   “Kamu kenapa nangis………..???”


Oliv               :   “Udahlah Cha, jangan berlagak bego lagi. Mulai detik ini juga gue nggak mau lihat muka loe lagi. Gue udah muak sama loe…”


Chaca           :   “Tapi kenapa, kasi penjelasan dong Liv….”


(Oliv kemudian lari keluar dan langsung memanggil taksi)


 


EPISODE VIII


Esoknya Chaca mencari Oliv untuk minta penjelasan tentang kejadian tadi malam.


Chaca           :   “Oliv, kenapa semalam loe marah-marah? Muak sama gue dan kenapa sih loe jadi benci sama ge?”


Oliv               :   “Ohhh, jadi loe masih pura-pura nggak tahu kalogue marah sama loe?”


Chaca           :   “Liv, bener nih gue nggak tahu, memang ada apa sih, tiba-tiba aja loe kayak gitu?”


Oliv               :   “Heh…. buka lebar-lebar telinga loe! (dengan nada membentak) Cha, gue nggak nyangka ternyata sahabat gue sendiri yang gue percaya nggak lebih dari seorang munafik. Sekarang jawab ya dengan jujur! Apa loe suka sama Ruben???”


(Chaca hanya diam dan Ruben saat itu tiba-tiba datang dan menarik tangan Chaca)


Ruben           :   “Cha…. gue mau ngomong sama loe.”


Oliv               :   “ Tunggu ben! Gue juga lagi ada perlu sama Chaca….”


Ruben           :   “Tapi ini lebih penting………”


(lalu Ruben berseru dan menceploskan kata-kata, disitu juga masih ada Oliv)


Ruben           :   “Cha, gue sebenarnya suka sama loe. Dan Oliv maafin gue nggak bisa cinta sama loe, tapi aku nggak bisa bohongin perasaan gue sendiri.”


Oliv               :   “Oooo, jadi loe lebih milih dia daripada gue.”


(Oliv seketika itu jatuh dan penyakitnya kambuh, lalu dia dibawa ke rumah sakit. Sementara Ruben dan Chaca juga ke rumah sakit, kemudian Chaca menghubungi orang tua Oliv)


Chaca           :   “Malam tante. Ini mamanya Oliv? Saya Chaca, temennya Oliv tante.”


Ibu Oliv        :   “Ya, saya sendiri. Ada apa ya?”


Chaca           :   “Begini tante, Oliv sekarang ada di rumah sakit. Penyakitnya kambuh, tante.”


Ibu Oliv        :   “Apa… Oliv di rumah sakit?”


Chaca           :   “Iya tante, sekarang Oliv di rumah sakit Mandala Jakarta kamar UGD.”


(Ibu Oliv buru-buru ke rumah sakit dan menemui Chaca dan Ruben)


Ibu Oliv        :   “Gima keadaan Oliv?”


Chaca           :   “Itu tante, lagi ditangani sama dokter.”


(pak dokter keluar dari kamar UGD dan ibu Oliv bertanya sama dokter)


Ibu Oliv        :   “Dok, gimana keadaan anak saya?”


Dokter          :   “Begini bu, kita bicara ke ruangan saja.” (mereka pergi ke ruang dokter)


Dokter          :   “Bu, anak ibu mengalami shock berat sehingga penyakit kankernya kambuh.”


Ibu Oliv        :   “Dokter, tolong sembuhkan anak saya.”


Dokter          :   “Kami sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi sepertinya Tuhan berkehendak lain.”


Ibu Oliv        :   “Dokter, sembuhkan anak saya, saya akan bayar berapapun biayanya asalkan anak saya bisa sembuh.” (dengan menangis merengek-rengek)


Dokter          :   “Yang sabar ya, bu…….”


(lalu mereka keluar, sementara Ruben dan Chaca menunggu Oliv di sampingnya, Oliv kemudian sadar)


Oliv               :   “Cha……” (Chaca dan Ruben segera memandang Oliv)


Chaca           :   “Ya, ada apa Oliv?”


Oliv               :   “Cha aku minta maaf yah, karena aku selama ini udah kasar dan marah sama kamu.”


Chaca           :   “Udahlah Liv, yang penting sekarang kamu harus sembuh.”


Oliv               :   “Aku udah rela bila kamu jadian sama Ruben, emang kamu udah jodoh sama Ruben.”


Ruben           :   “Liv, jangan ngomong gitu dong.”


Oliv               :   “Aku mohon, kalian jadian yah…..” (ngomong dengan tersendat-sendat)


(lalu Oliv mengangkat tangannya, Ruben dan Chaca disatukan tangan mereka, dan Oliv pada saat itu akan menghembuskan nafas terakhir)


Oliv               :   “Ben, jaga….. Chaca dengan baik, ya.”


Ruben           :   “Baik, Liv…..”


Oliv               :   “Seeelamat tinggal, semuanyaaaaa……………!!!”


Chaca           :   “Oliv…….. Oliv…….. bangun Oliv…….” (sambil menangis)


(Ruben hanya tertunduk sambil meneteskan air mata)


Oliv meninggal dengan tenang karena sudah menyatukan mereka.


THE END


Sumber: http://cs0506.wordpress.com/2010/11/26/mak-comblang-terjebak-cinta/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia

Posting Populer