Sabtu, 19 Mei 2012

Indonesia dikelilingi oleh "Ring of Fire"

Cincin api pasifik atau lingkaran api pasifik (bahasa Inggris: Ring of Fire) adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.
Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya (5–6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika.










Peta Gempa yang sering terjadi:

Ternyata Indonesia banyak titik Gempa (sampai tidak terlihat terutama di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Setiap menit pasti ada gempa baik kecil maupun yang besar.

Contoh Gambar:







Terbayang jika Ring of Fire berada di tengah kota. Dan perlu disadari bahwa kita di Indonesia ini rata-rata dikelilingi oleh Ring of Fire. jadi kita harus waspada. Semoga kita selamat dari bencana alam.
Sepertinya kita perlu latih di semua penduduk indonesia untuk menghadapi bencana. karena kalau kita lihat hampir seluruh wilayah Indonesia adalah di Sekitar Ring of Fire terutama Pulau Jawa bagian Selatan dan Pulau Sumatera bagian Barat (pesisir pantai).
Dengan Latihan yg sering maka akan mengurangi jumlah korban agar tidak meningkat. Kalau bagian ini adalah tugas pemerintah untuk menyadarkan kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya latihan tersebut.
Mari belajar kepada Jepang. lihat saja orang jepang pada saat gempa, tenang saja tidak panik (terutama yang di dalam gedung, tidak ada yang lari kocar-kacir dan mau menang sendiri). Mereka sangat tertib dan terlatih dalam menghadapi bencana gempa bumi.
Sebenarnya, Gempa-gempa yang sering terjadi di Jepang dan Indonesia, adalah sama gempa yang terjadi karena memang faktor Ring of Fire. Tapi kalau di lihat sering atau tidaknya, ternyata di Indonesia lebih sering terjadi gempa dibandingkan dengan Jepang. Data ini diambil dari USGS yang basisnya di Amerika.
Gempa yg terjadi dalam 7 hari terakhir:

sumber : klikunic.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia

Posting Populer