Selasa, 22 Mei 2012

Jenis-Jenis Peran dan Tari Berkelompok/Perpasangan









































No



Nama Daerah



Nama Tari



Keterangan



1


Daerah Istimewa AcehTari Seudatiberasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam

2


Daerah BaliTari legongmerupakan tarian yang berlatar belakang kisah cuinta Raja dari lasem. Diberikan secara dinamis dan memikat hati.Tari Kecak, sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa

3


Jawa BaratTari Topeng Kuncaranmerupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.

4


BengkuluTari Andunmerupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati.

5


DKI JakartaTari Topengmerupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung.































































































































6


JambiTari Sekapur Sirihmerupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu.

7


Jawa TengahTari Blambangan Cakilmengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). Sebuah perlambang penumpasan angkara murka.

8


JawaTimurReog Ponorogomerupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan.

9


kalimantan BaratTari Monongmerupakan tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku seperti dukun dengan jampi-jampi

10


Katimantan SelatanTari Radab rahayudi pertunjukan pada upacara tepung tawar, sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan.

11


Kalimantan tengahTari Tambun dan bungaiMerupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat.

12


Kalimantan TimurTari perangTari yang mempertunjukan dua orang pemuda dalam memperebutkan seorang gadis.

13


Lampung.Tari Malintingmerupakan sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat Lampung. Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung.

14


Maluku UtaraTari Nahar Ilaatarian pengikat persahabatan pada waktu “panas Pela” kesepakatan kampung untuk membangun.

15


Nusa Tenggara BaratTari Batungangasebuah tari berlatar belakang cerita rakyat. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu.

16


Nusa Tenggara TimurTari Perangtari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yang dipakai berupa cambuk dan perisai.

17


Papua Barat danTengahTari Suanggitarian yang mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angi-angi (jejadian).

18


RiauTori Joged Lambaktari pergaulan muda-mudi, yang sangat populer dan disenangi

19


Sulawesi SelatanKipastari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil mengikuti alunan lagu.

20


Sulawesi TengahTari Lumensetari dari Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk menyambut tamu agung.

21


Sulawesi TenggaraTari Dinggumelambangkan sifat kegotong royongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. Sentuhan alu pada lesung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati.

22


Sulawesi UtaraTari Maengketmerupakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasang-pasangan. Menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan.

23


Sumatra BaratTari PayungDitarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan, sang pria melindungi kepala sang wanita, sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita.

24


Daerah Istimewa YogyakartaTari Serimpi Sangu Patisebuah tarian keraton pada masalalu disertai suara gamelan dengan gerak tari yang lembut.

25


Papua TimurTari Musyohmerupakan tari sakral dalam upaya mengusir arwah orang meninggal karena kecelakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia

Posting Populer