MATA PELAJARAN | : | MATEMATIKA | |||
KELAS / SEMESTER | : | V / 1 | |||
WAKTU | : | 120 MENIT | |||
I. | Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar ! | ||||
1. | Yang menunjukkan sifat komutatif adalah… | ||||
a. | 14 + (-16) = -14 + 16 | c. -22 + 36 = 36 + (-22) | |||
b. | 23 – 33 = 33 – 23 | d. -8 + 18 = -18 + 8 | |||
2. | KPK dari 12 dan 15 adalah… | ||||
a. | 30 | c. 60 | |||
b. | 12 | d. 15 | |||
3. | Hasil dari -22 – (-38) = ….. | ||||
a. | -60 | c. 60 | |||
b. | -16 | d. 16 | |||
4. | Hasil dari -192 : 8 = …… | ||||
a. | 24 | c. -24 | |||
b. | 12 | d. -32 | |||
5. | Hasil dari -30 + 12 x 8 -30 = ….. | ||||
a. | 36 | c. -36 | |||
b. | 96 | d. 156 | |||
6. | Nilai dari √289 = …. | ||||
a. | 15 | c. 19 | |||
b. | 17 | d. 21 | |||
7. | Hasil dari 42 x 102 = ….. | ||||
a. | 400 | c. 1.600 | |||
b. | 160 | d. 16.000 | |||
8. | Luas kebun pak Sule 144 m2. Jika kebun pak Sule berbentuk bujur sangkar, maka panjang sisinya adalah…. | ||||
a. | 24 | c. 16 | |||
b. | 20 | d. 12 | |||
9. | Pecahan paling sederhana dari 18/24 adalah…. | ||||
a. | 1/4 | c. 4/5 | |||
b | 3/4 | d. 6/8 | |||
10. | Hasil dari 5/6 + 3/8 adalah…. | ||||
a. | 8/12 | c. 29/24 | |||
b. | 8/24 | d. 24/8 | |||
11. | Hasil dari 1⅜ + 2¼ adalah …. | ||||
a. | 3⅝ | c. 5⅛ | |||
b. | 3⅜ | d. 6¼ | |||
12. | Hasil dari 6/8 – 7/12 adalah… | ||||
a. | 8/24 | c. 8/12 | |||
b. | 4/24 | d. 6/20 | |||
13. | Hasil dari 6½ – 2⅞ adalah…. | ||||
a. | 2⅝ | c. 4⅜ | |||
b. | 3⅝ | d. 5¾ | |||
14. | Jika pada siang hari jarum pendek sebuah jam menunjuk diantara angka 2 dan 3, sedangkan jarum panjang menunjuk pada angka 6, maka saat itu waktu menunjukkan pukul… | ||||
a. | 02.30 | c. 03.30 | |||
b. | 14.30 | d. 15.30 | |||
15. | 3 jam + 70 menit = ……detik | ||||
a. | 1.500 | c. 12.000 | |||
b. | 4.500 | d. 15.000 | |||
16. | Besar sudut yang dibentuk oleh jarum pendek dan jarum panjang sebuah jam pada pk. 05.00 adalah…. | ||||
a. | 70o | c. 120o | |||
b. | 90o | d. 150o | |||
17. | Kecepatan = 100 km/jam. Waktu 45 menit, maka jarak yang ditempuh adalah…. | ||||
a. | 25 km | c. 60 km | |||
b. | 50 km | d. 75 km | |||
18. | Sebuah segitiga sama kaki memiliki sisi yang sama 5 cm dan sisi yang lainnya 6 cm. Jika tinggi segitiga = 4 cm, luasnya adalah…. | ||||
a. | 10 cm2 | c. 15 cm2 | |||
b. | 12 cm2 | d. 24 cm3 | |||
19. | Sebuah jajar genjang mempunyai alas 30 cm dan tinggi 20 cm. Maka luasnya adalah… | ||||
a. | 50 cm2 | c. 600 cm2 | |||
b. | 300 cm2 | d. 750 cm3 | |||
20. | Bangun layang-layang mempunyai sumbu simetri putar dan lipat yang jumlahnya adalah…. | ||||
a. | 1 dan 0 | c. 2 dan 1 | |||
b. | 0 dan 1 | d. 4 dan 1 | |||
II. | Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar ! | ||||
21. | Pembulatan bilangan 528 ke puluhan terdekat adalah… | ||||
22. | Taksiran perkalian dari 175 x 110 ke ribuan terdekat adalah…. | ||||
23. | Tiga buah lampu menyala setiap 8 detik, 14 detik dan 20 detik, maka lampu tersebut akan menyala bersama-sama pada detik ke….. | ||||
24. | Lawan dari bilangan -34 adalah…. | ||||
25. | Hasil perkalian dari 15 x (-20) adalah… | ||||
26. | Hasil dari √144 + √441 adalah… | ||||
27. | Penulisan waktu untuk jam sebelas lebih 25 menit malam adalah…. | ||||
28. | Via bersepeda dari Kranggan menuju Candiroto yang jaraknya 30 km, kecepatan rata-rata 15 km/jam. Beristirahat diperjalanan 45 menit. Jika ia tiba di Candiroto pukul 08.00, ia berangkat pukul…. | ||||
29. | Panjang sebuah balok 30 cm, lebar 25 cm dan tinggi 10 cm. Maka volume balok tersebut adalah…. | ||||
30. | Pipit memiliki sebuah kubus yang panjang sisinya 20 cm. Volume kubus tersebut adalah…. | ||||
III. | Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar ! | ||||
31. | Wulan mempunyai 140 kelereng. Mama membelikan lagi kelereng sebanyak 56 butir. Wulan memberikan kelerengnya kepada 4 orang temannya. Masing-masing mendapat 15 butir. Berapa butir sisa kelereng Wulan? | ||||
32. | Sebuah bus melaju dari Depok menuju Karawang pk. 17.00 dan tiba di Karawang pk. 22.30. Berapa kecepatan rata-rata bus tersebut jika jarak Depok – Karawang = 495 km? | ||||
33. | Sebuah lingkaran mempunyai diameter 28 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut? | ||||
34. | Ayah memiliki aquarium berbentuk kubus. Aquarium itu memiliki panjang rusuk 40 cm. Berapa volume aquarium tersebut? | ||||
35. | Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 21 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut? | ||||
Selamat Mengerjakan !!! |
Sabtu, 23 Mei 2015
Soal Ujian Matematika SD Kelas 5
Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD Kelas 3
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
SEMESTER/KELAS : 2 / 3
WAKTU : 35 MENIT
Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !
1. Seseorang bisa kehilangan pekerjaan, apabila…
a. selalu disiplin
b. tidak bertanggung jawab
b. tidak bertanggung jawab
c. bekerja keras
d. bersikap jujur
2. Peralatan kamera biasanya digunakan oleh orang yang
bekerja sebagai . . . .
a. pemandu wisata
a. pemandu wisata
b. pemain film
c. foto model
d. juru foto
3. Pekerjaan orang diatas adalah sebagai . . . .
a. montir
a. montir
b. kusir
c. sopir
d. pilot
4. Berikut ini yang tidak termasuk kunci keberhasilan
seseorang yaitu . . . .
a. mengutamakan kejujuran c. suka bekerja keras
b. mementingkan diri sendiri d. tidak malas
a. mengutamakan kejujuran c. suka bekerja keras
b. mementingkan diri sendiri d. tidak malas
5. Manakah yang bukan cirri orang yang memiliki
semangat kerja ?
a. jujur dan ulet c. lesu dan malas
b. pantang menyerah d. disiplin dan ulet
a. jujur dan ulet c. lesu dan malas
b. pantang menyerah d. disiplin dan ulet
6. Tempat jual beli segala macam barang – barang dan
dilengkapi mainan anak – anak dan restoran disebut .. . .
a. warung b. kios c. kedai d. mal
a. warung b. kios c. kedai d. mal
7. Penjual sayur keliling pada umumnya sering kita
temui di . . .
a. Mal b. pasar swalayan c. perumahan d. stasiun
a. Mal b. pasar swalayan c. perumahan d. stasiun
8. Toko kelontong adalah toko yang menjual . . .
a. sembako b. kebutuhan sehari-hari c. pakaian d. makanan
a. sembako b. kebutuhan sehari-hari c. pakaian d. makanan
9. Kegiatan jual beli bias dilakukan melalui internet
yang dinamakan jual beli secara . . . .
a. tidak langsung c. langsung
b. tersembunyi d. diam – diam
a. tidak langsung c. langsung
b. tersembunyi d. diam – diam
10. Orang yang bekerja di bidang agraris contoh….
a. pengrajin b. peternak ikan c. guru d. buruh pabrik
a. pengrajin b. peternak ikan c. guru d. buruh pabrik
11. Pak Karjo selalu berusaha mengerjakan tugasnnya
dengan baik, meskipun sulit Pak Karjo selalu mencoba mengatasinya sendiri, Pak
Karjo memiliki sikap . . . .
a. cepat putus asa c. tidak mudah menyerah
b. terampil d. jujur
a. cepat putus asa c. tidak mudah menyerah
b. terampil d. jujur
12. Barang yang telah melewati batas waktu pemakaian
dinamakan barang . . . .
a. baru b. baik c. lama d. kadaluwarsa
a. baru b. baik c. lama d. kadaluwarsa
13. Apabila harga jual lebih kecil dari harga beli,
pedagang akan . . . .
a. laba b. rugi c. untung d. tidak rugi
a. laba b. rugi c. untung d. tidak rugi
14. Pada toko swalayan pembayaran dapat dilayani
dengan menggunakan kartu . . . .
a. kredit b. askes c. pelajar d. tanda penduduk
a. kredit b. askes c. pelajar d. tanda penduduk
15. Hewan yang pada umumnya di perjualbelikan di pasar
hewan adalah . . . .
a. buaya, ular c. kambing, sapi
b. burung, kelinci d. harimau, gajah
a. buaya, ular c. kambing, sapi
b. burung, kelinci d. harimau, gajah
16. Saat berbelanja di pasar terkadang kita
mendapatkan harga yang terlalu mahal untuk barang yang dibeli oleh karena itu
kita dapat melakukan . . . .
a. tawar menawar c. permusuhan
b. pencurian d. perebutan
a. tawar menawar c. permusuhan
b. pencurian d. perebutan
17. Untuk menarik pembeli, penjual menawarkan warisan
budaya bangsa adalah . . . .
a. kata – kata kasar c. kata – kata lemah
b. membentak – bental d. kata – kata yang halus
a. kata – kata kasar c. kata – kata lemah
b. membentak – bental d. kata – kata yang halus
18. Gambar di bawah ini menunjukkan semangat kerja
yang timbul dari rekan kerja yang baisa diajak kerja sama dengan baik. Berarti
semangat kerja itu mucul dari akibat pengaruh . . . .
a. diri sendiri c. lingkungan
b. keluarga d. teman sekolah
b. keluarga d. teman sekolah
19. Kerajinan khas bangsa Indonesia yang merupakan
warisan budaya bangsa adalah . . . .
a. jam tangan b. topi c. becak d. batik
a. jam tangan b. topi c. becak d. batik
20. Semangat kerja merupakan pemacu ………………. Manusia
a. kehidupan b. aktifitas c. hasrat d. istirahat
a. kehidupan b. aktifitas c. hasrat d. istirahat
II. Isilah
titik – titik dengan jawaban yang benar !
1. Pekerjaan yang dilakukan di luar pekerjaan poko di
sebut ……………………………
2. Cirri – cirri orang yang bersemangat dalam bekerja
antara lain adalah …………….. dan ………………
3. Orang yang melayani pembeli dalam memenuhi
kebutuhan belanja di supermarket di sebut ……
4. Pasar tradisional yang menjual kebutuhan sehari –
hari yang barang dagangan penjual dan pembeli berada si atas perahu di sungai
di sebut pasar ……………………
5. Pekerjaan dapat menjadi identitas diri seorang
artinya …………………..
6. Pak Joko bertugas mengambar dan merencanakan bentuk
bangunan, pekerjaan Pak Joko sebagai ……………………..
7. Pedagang keliling yang menjajakan dagangan di
terminal di sebut ………………….
8. Pak Sanusi bekerja di rumah membuat adonan tanah
untuk di cetak kemudian dibakar, barang yang dihasilkan digunakan untuk bahan
bangunan, pekerjaan Pak Sanusi adalah ………………
9. Orang lebih senang belanja di pasar modern karena
……………………
10. Supaya menjadi anak yang pandai dan sukses kita
harus ……………………………
III.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Mengapa setiap orang harus bekerja ?
2. Sebutkan tempat berbelanja yang kamu ketahui ?
3. Sebutkan cirri – cirri orang yang memiliki semangat kerja ?
4. Sebutkan 4 pokok jual beli !
5. Apa beda pramugari dan pramuniaga ?
1. Mengapa setiap orang harus bekerja ?
2. Sebutkan tempat berbelanja yang kamu ketahui ?
3. Sebutkan cirri – cirri orang yang memiliki semangat kerja ?
4. Sebutkan 4 pokok jual beli !
5. Apa beda pramugari dan pramuniaga ?
Kunci
Jawaban IPS Kelas III
I. Pilihan ganda
1. B 11. C
2. D 12. D
3. B 13. B
4. B 14. A
5. C 15. C
6. D 16. A
7. B 17. D
8. B 18.
9. A 19. D
10. B 20. C
II. Isian
1. Kerja sampingan
2. ….
3. Pramuniaga
4. Apung
5. Cirri seseorang
6. Arsitek
7. Pedagang kaki lima
8. Pembuat bata
9. Barang bagus tempat bersih
10. Rajin belajar
1. B 11. C
2. D 12. D
3. B 13. B
4. B 14. A
5. C 15. C
6. D 16. A
7. B 17. D
8. B 18.
9. A 19. D
10. B 20. C
II. Isian
1. Kerja sampingan
2. ….
3. Pramuniaga
4. Apung
5. Cirri seseorang
6. Arsitek
7. Pedagang kaki lima
8. Pembuat bata
9. Barang bagus tempat bersih
10. Rajin belajar
III. Uraian
1. a. memenuhi kebutuhan hidup
b. meningkatkan pendapatan
c. meningkatkan kesejahteraan
d. memperoleh kehidupan yang lebih layak / baik
e. sebagai identitas diri
2. Supermarket, hypermarket, pasar, toko, warung, toserba, mal, ruko, mini market dsb
3. a. Bekerja keras dan memiliki tanggung jawab
b. Disiplin
c. Jujur
d. Menghargai waktu
4. a. Penjual b. pembeli c. barang dijual belikan d. kesepakatan harga
5. Pramugari = orang yang melayani penumpang di dalam pesawat terbang
Pramuniaga = orang yang melayani pembila dalam memenuhi kebutuhan belanja di supermarket
1. a. memenuhi kebutuhan hidup
b. meningkatkan pendapatan
c. meningkatkan kesejahteraan
d. memperoleh kehidupan yang lebih layak / baik
e. sebagai identitas diri
2. Supermarket, hypermarket, pasar, toko, warung, toserba, mal, ruko, mini market dsb
3. a. Bekerja keras dan memiliki tanggung jawab
b. Disiplin
c. Jujur
d. Menghargai waktu
4. a. Penjual b. pembeli c. barang dijual belikan d. kesepakatan harga
5. Pramugari = orang yang melayani penumpang di dalam pesawat terbang
Pramuniaga = orang yang melayani pembila dalam memenuhi kebutuhan belanja di supermarket
Soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD Kelas 3
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS / SEMESTER : III / 2
MATERI : ENERGI DAN KEGUNAANNYA
WAKTU : 35 MENIT
Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !
a. Energy panas, energy gerak, energy bumi, energy bulan dan energy gravitasi
b. Energi gravitasi, energy bulan, energy gerak, energy matahari dan energy getaran
c. Energy getaran, energy panas, energy listrik, energy kimia dan energy gerak
d. Energy panas, energy gerak, energy getaran, energy listrik dan energy gravitasi
b. Energi gravitasi, energy bulan, energy gerak, energy matahari dan energy getaran
c. Energy getaran, energy panas, energy listrik, energy kimia dan energy gerak
d. Energy panas, energy gerak, energy getaran, energy listrik dan energy gravitasi
2. Salah
satu energy yang mempengaruhi kehidupan kita adalah :
a. Bumi
b. Matahari
c. Bulan
d. Jawaban a, b dan c benar
a. Bumi
b. Matahari
c. Bulan
d. Jawaban a, b dan c benar
3. Sumber
energy panas dan cahaya terbesar bagi bumi adalah :
a. Bulan
b. Bintang
c. Lautan
d. Matahari
a. Bulan
b. Bintang
c. Lautan
d. Matahari
4. Energy
yang dihasilkan oleh matahari disebut :
a. Energy getaran
b. Energy panas
c. Energi gerak
d. Energy litrik
a. Energy getaran
b. Energy panas
c. Energi gerak
d. Energy litrik
5. Energy
panas matahari berguna bagi kita untuk :
a. Mengeringkan cucian dan hasil panen sebelum dijual
b. Sebagai pembangkit listrik
c. Sebagai untuk unsur pembentuk fotosintesis
d. Jawaban a, b dan c benar
a. Mengeringkan cucian dan hasil panen sebelum dijual
b. Sebagai pembangkit listrik
c. Sebagai untuk unsur pembentuk fotosintesis
d. Jawaban a, b dan c benar
6. Secara
alami energy gerak dihasilkan oleh :
a. Bumi dan matahari
b. Bumi dan air
c. Matahari dan angin
d. Air dan angin
a. Bumi dan matahari
b. Bumi dan air
c. Matahari dan angin
d. Air dan angin
7. Angin
adalah :
a. Udara bebas
b. Udara yang bersih
c. Udara yang bergerak
d. Awan yang bergerak
a. Udara bebas
b. Udara yang bersih
c. Udara yang bergerak
d. Awan yang bergerak
8. Alat yang
menghasilkan energy gerak adalah :
a. Televisi, kompor dan lemari es
b. Gunting, palu dan gergaji
c. Kipas angin, bor dan blender yang sedang digunakan
d. Radio, pesawat telepon dan termometer
a. Televisi, kompor dan lemari es
b. Gunting, palu dan gergaji
c. Kipas angin, bor dan blender yang sedang digunakan
d. Radio, pesawat telepon dan termometer
9. Energi
gerak berguna untuk :
a. Mengeringkan cucian
b. Menggerakkan kincir angin
c. Menggerakkan perahu
d. Jawaban a, b dan c benar
a. Mengeringkan cucian
b. Menggerakkan kincir angin
c. Menggerakkan perahu
d. Jawaban a, b dan c benar
10. Gerakan
bolak-balik yang teratur dan berulang-ulang disebut :
a. Energy panas
b. Energy gerak
c. Energi kimia
d. Energy getaran
a. Energy panas
b. Energy gerak
c. Energi kimia
d. Energy getaran
11. Salah
satu getaran yang dapat kita dengar adalah bunyi. Bunyi disebabkan oleh :
a. Suatu benda yang bergetar
b. Suatu benda yang terkena panas
c. Suatu benda yang terkena dingin
d. Suatu benda tidak bergerak
a. Suatu benda yang bergetar
b. Suatu benda yang terkena panas
c. Suatu benda yang terkena dingin
d. Suatu benda tidak bergerak
12. Semakin
kuat suatu getaran, makan energi yang dihasilkan :
a. Makin besar
b. Makin kecil
c. Makin lemah
d. Jawaban a,b dan c salah
a. Makin besar
b. Makin kecil
c. Makin lemah
d. Jawaban a,b dan c salah
13. Bunyi
dapat merambat melalui zat perantara, yaitu :
a. Zat padat
b. Ruang hampa udara
c. Udara
d. Jawaban a dan c benar
a. Zat padat
b. Ruang hampa udara
c. Udara
d. Jawaban a dan c benar
14. Kegunaan
energy getaran adalah :
a. Kita dapat mengenali berbagai gerakan
b. Untuk mengeringkan baju
c. Kita dapat mendengar suara-suara dan mengetahui jenis-jenis suara
d. Untuk kesehatan tubuh
a. Kita dapat mengenali berbagai gerakan
b. Untuk mengeringkan baju
c. Kita dapat mendengar suara-suara dan mengetahui jenis-jenis suara
d. Untuk kesehatan tubuh
15. Gempa
bumi disebabkan oleh :
a. Energy matahari
b. Energy getaran
c. Energi kimia
d. Energy panas
a. Energy matahari
b. Energy getaran
c. Energi kimia
d. Energy panas
16. Energi
listrik adalah :
a. Energy yang dihasilkan oleh pengaruh getaran mesin kendaraan
b. Energy yang dihasilkan oleh pengaruh panas bumi
c. Energy yang dihasilkan oleh pengaruh arus listrik
d. Energy yang dihasilkan oleh pengaruh gerak benda
a. Energy yang dihasilkan oleh pengaruh getaran mesin kendaraan
b. Energy yang dihasilkan oleh pengaruh panas bumi
c. Energy yang dihasilkan oleh pengaruh arus listrik
d. Energy yang dihasilkan oleh pengaruh gerak benda
17. Kegunaan
energy listrik adalah :
a. Menjalankan berbagai mesin
b. Menghidupkan alat-alat rumah tangga, missal : kulkas, TV, blender dan lampu
c. Jawaban a dan b benar
d. Jawaban a dan b salah
a. Menjalankan berbagai mesin
b. Menghidupkan alat-alat rumah tangga, missal : kulkas, TV, blender dan lampu
c. Jawaban a dan b benar
d. Jawaban a dan b salah
18. Energi
yang tersimpan dalam bahan-bahan kimia seperti batu baterai, accu (aki) dan
berbagai bahan bakar disebut :
a. Energy kimia
b. Energy panas
c. Energy listrik
d. Energi getaran
a. Energy kimia
b. Energy panas
c. Energy listrik
d. Energi getaran
19. Yang
termasuk bahan kimia alami adalah :
a. Batu baterai, aki dan bahan bakar
b. Kayu bakar dan batu-batuan
c. Alat-alat rumah tangga
d. Nasi, sayur, tempe, kecap, susu dan mentega
a. Batu baterai, aki dan bahan bakar
b. Kayu bakar dan batu-batuan
c. Alat-alat rumah tangga
d. Nasi, sayur, tempe, kecap, susu dan mentega
20. Suatu
benda dikatakan memiliki energy apabila :
a. Benda itu terbuat dari besi
b. Benda itu dapat melakukan kerja/usaha
c. Benda itu terbuat dari kayu dan batu-batuan
d. Benda itu dapat melakukan gerakan
a. Benda itu terbuat dari besi
b. Benda itu dapat melakukan kerja/usaha
c. Benda itu terbuat dari kayu dan batu-batuan
d. Benda itu dapat melakukan gerakan
21.
Sifat-sifat energy adalah :
a. Energy itu ada
b. Energy tidak dapat dilihat
c. Energi tidak dapat dirasakan
d. Jawaban a, b dan c benar
a. Energy itu ada
b. Energy tidak dapat dilihat
c. Energi tidak dapat dirasakan
d. Jawaban a, b dan c benar
22. Yang
termasuk sumber energy adalah :
a. Sinar matahari, angin, batu baterai dan listrik
b. Air, kayu bakar, minyak tanah dan bahan makanan
c. Jawaban a dan b benar
d. Jawaban a dan b salah
a. Sinar matahari, angin, batu baterai dan listrik
b. Air, kayu bakar, minyak tanah dan bahan makanan
c. Jawaban a dan b benar
d. Jawaban a dan b salah
23. Ukuran
matahari adalah :
a. Lebih besar daripada bumi
b. Lebih kecil daripada bumi
c. Sama besar dengan bumi
d. Jawaban a, b dan c salah
a. Lebih besar daripada bumi
b. Lebih kecil daripada bumi
c. Sama besar dengan bumi
d. Jawaban a, b dan c salah
24. Suhu
matahari adalah :
a. Suhu permukaan matahari ± 15000 0C dan suhu inti matahari ± 6000 0C
b. Suhu permukaan matahari ± 6000 0C dan suhu inti matahari ± 15000 0C
c. Suhu permukaan matahari ± 12000 0C dan suhu inti matahari ± 6000 0C
d. Suhu permukaan matahari ± 6000 0C dan suhu inti matahari ± 12000 0C
a. Suhu permukaan matahari ± 15000 0C dan suhu inti matahari ± 6000 0C
b. Suhu permukaan matahari ± 6000 0C dan suhu inti matahari ± 15000 0C
c. Suhu permukaan matahari ± 12000 0C dan suhu inti matahari ± 6000 0C
d. Suhu permukaan matahari ± 6000 0C dan suhu inti matahari ± 12000 0C
25. Matahari
disebut bintang karena :
a. Terlihat kecil
b. Letaknya jauh dari bumi
c. Ukurannya lebih besar dari bumi
d. Dapat memancarkan cahaya sendiri
a. Terlihat kecil
b. Letaknya jauh dari bumi
c. Ukurannya lebih besar dari bumi
d. Dapat memancarkan cahaya sendiri
26. Reaksi
inti pada matahari menghasilkan :
a. Energy getaran yang hebat
b. Energy listrik yang kuat
c. Energy cahaya yang besar dan energy panas
d. Jawaban a dan b benar
a. Energy getaran yang hebat
b. Energy listrik yang kuat
c. Energy cahaya yang besar dan energy panas
d. Jawaban a dan b benar
27. Angin
berguna untuk :
a. Membantu menggerakkan perahu bagi nelayan
b. Membantu menggerakkan kincir angin
c. Sebagai alat penggiling gandum
d. Jawaban a, b dan c benar
a. Membantu menggerakkan perahu bagi nelayan
b. Membantu menggerakkan kincir angin
c. Sebagai alat penggiling gandum
d. Jawaban a, b dan c benar
28. Air
berguna untuk :
a. Menggerakkan turbin PLTA
b. Bahan bakar kendaraan bermotor
c. Bahan bakar kapal bermotor
d. Jawaban a, b dan c benar
a. Menggerakkan turbin PLTA
b. Bahan bakar kendaraan bermotor
c. Bahan bakar kapal bermotor
d. Jawaban a, b dan c benar
29. Energi
yang dihasilkan oleh kayu bakar disebut :
a. Energy listrik
b. Energy kimia
c. Energi gerak
d. Energy panas
a. Energy listrik
b. Energy kimia
c. Energi gerak
d. Energy panas
30.
Pembakaran minyak tanah akan menghasilkan :
a. Energy kimia
b. Energy listrik
c. Energi panas dan cahaya
d. Energy getaran dan gerak
a. Energy kimia
b. Energy listrik
c. Energi panas dan cahaya
d. Energy getaran dan gerak
31. Bahan
makanan akan menghasilkan energy setelah :
a. Melalui proses pembakaran
b. Melalui proses pencernaan makanan dalam tubuh
c. Dimasak
d. Didiamkan selama 3 hari
a. Melalui proses pembakaran
b. Melalui proses pencernaan makanan dalam tubuh
c. Dimasak
d. Didiamkan selama 3 hari
32. Kegunaan
atau fungsi bahan makanan bagi tubuh adalah :
a. Untuk menjalankan fungsi seluruh organ tubuh
b. Mempertahankan kelangsungan hidup
c. Memenuhi kebutuhan hidup
d. Jawaban a, b dan c benar
a. Untuk menjalankan fungsi seluruh organ tubuh
b. Mempertahankan kelangsungan hidup
c. Memenuhi kebutuhan hidup
d. Jawaban a, b dan c benar
33. Batu
baterai merupakan sumber energy :
a. Gerak
b. Panas
c. Kimia
d. Listrik
a. Gerak
b. Panas
c. Kimia
d. Listrik
34. Kegunaan
batu baterai adalah :
a. Menyalakan televisi
b. Menyalakan lampu neon
c. Menyalakan kendaraan bermotor
d. Menyalakan senter, radio dan jam
a. Menyalakan televisi
b. Menyalakan lampu neon
c. Menyalakan kendaraan bermotor
d. Menyalakan senter, radio dan jam
35. Kegunaan
listrik adalah :
a. Menyalakan lampu, televisi dan kipas angin
b. Menyalakan seterika
c. Menyalakan AC dan pompa air
d. Jawaban a, b dan c benar
a. Menyalakan lampu, televisi dan kipas angin
b. Menyalakan seterika
c. Menyalakan AC dan pompa air
d. Jawaban a, b dan c benar
Selamat Mengerjakan !!!
KUNCI
JAWABAN :
1. c
2. b
3. d
4. b
5. d
6. d
7. c
8. c
9. d
10. d
11. a
12. a
13. d
14. c
15. b
16. c
17. c
18. a
19. d
20. b
21. d
22. c
23. a
24. b
25. d
26. c
27. d
28. a
29. d
30. c
31. b
32. d
33. c
34. d
35. d
2. b
3. d
4. b
5. d
6. d
7. c
8. c
9. d
10. d
11. a
12. a
13. d
14. c
15. b
16. c
17. c
18. a
19. d
20. b
21. d
22. c
23. a
24. b
25. d
26. c
27. d
28. a
29. d
30. c
31. b
32. d
33. c
34. d
35. d
Jumat, 22 Mei 2015
Makalah Struktur dan Fungsi Bunga dan Buah
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga saya dapat menjalankan aktifitas saya sebagai mahasiswa. Berkat rahmat dan karunia-Nyalah penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini tidak kurang dari waktu yang ditentukan.
Melihat betapa pentingnya ilmu pengetahuan, maka dunia pendidikan sebagai sarana dan fasilitator menyajikan berbagai mata pelajaran yang bisa menumbuhkembangkan potensi manusia, khususnya kita sebagai pelajar. Salah satu contoh mata pelajaran IPA tentang “STRUKTUR DAN FUNGSI BUNGA DAN BUAH”. Mata pelajaran ini menyajikan sejuta pengetahuan tentang bentuk, struktur serta fungsi organ tumbuhan secara detail. Maka dari itu penyusunan makalah IPA ini menitikberatkan pada organ tumbuhan yakni “Bunga dan Buah”.
Kamis, 21 Mei 2015
Makalah Asuransi Syariah
BAB I
PENDAHULUAN
Latar belakang
Di Indonesia, dengan lahirnya bank yang beroperasi pada prinsip syari’ah seperti dalam bentuk bank muamalat Indonesia dan bank perkereditan rakyat islam, pengetahuan tentang bank islam ini sangat dibutuhkan baik bagi p[ara ilmuwan maupun masyarakat luas. Lebih-lebih masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim sehingga minat terhadap lembaga keuangan syari’ah (asuransi syari’ah) sangat diminati. Tetapi meskipun lembaga-lembaga keuangan syari’ah mulai menyebar diberbagai pelosok tanah air banyak masyarakat yang belum mengenal produk-produk asuransi syari’ah.
Kajian tentang asuransi sangat menarik sekali diantara prinsip ekonomi syariah lainya. Kajian mengenai asuransi syari’ah terlahir satu paket dengan kajian perbankan syari’ah, yaitu sama-sama muncul kepermukaan tatkala dunia islam tertarik untuk mengkaji secara mendalam apa dan bagaimana cara mengaktualisasikan konsep ekonomi syari’ah.
Makalah Batu Akik
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Bicara mengenai gaya hidup artinya juga berbicara soal trend yang mengikuti perkembangan zaman. Tentu saja tidak bisa dinafikan keberadaan perhiasan sebagai pernak-perniknya. Seperti cincin, kalung, gelang, anting dan sejenisnya. Perhiasan bukan hanya emas dan perak, namun ada juga beberapa perhiasan yang terbuat dari batu mulia atau batu permata yang lebih dikenal sebagai batu akik.
Akhir-akhir ini, trend memakai perhiasan yang dihiasi batu akik sedang marak di kalangan masyarakat luas dan juga kaum muda. Batu akik adalah jenis batu permata yang berasal dari campuran mineral alam. Batuan jenis ini memiliki komposisi kimia alam yang berbeda-beda. Komposisi yang dikandungnya ini mempengaruhi struktur kristal di dalamnya, sehingga mempengaruhi tingkat kepadatan masing-masing batu. Dalam pengklasifikasiannya digunakan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Batu akik adalah istilah yang dipakai untuk mengklasifikasikan batu permata dengan skala Mohs di bawah 7,5. Sebelum menjadi batu permata, batu mulia harus di poles terlebih dahulu sebelum dijadikan perhiasan. Jenis batuan ini diminati oleh para kolektor dan mempunyai harga jual yang tinggi.
Rabu, 13 Mei 2015
PEMILUKADA SERENTAK DILIHAT DARI ASPEK DEMOKRASI PANCASILA
Pelaksanaan Pilkada/Pemilukada yang telah berlangsung sejak Juni 2005 s/d saat ini secara umum telah berlangsung secara aman, tertib, dan demokratis dengan tingkat partisipasi yang cukup tinggi. Meskipun demikian dalam penyelenggaraan Pilkada ke depan masih perlu dilakukan berbagai penyempurnaan untuk memperbaiki beberapa kekurangan yang terjadi dalam penyelenggaraan Pilkada, yaitu :
1. Peningkatan akurasi daftar pemilih.
Dari segi regulasi, pengaturan data pemilih yang ada dalam Pasal 70 ayat (1) dan ayat (2) UU No. 32 Tahun 2004 sebetulnya sudah cukup memadai. Kunci penyelesaian dari daftar pemilih yang kurang akurat adalah pelibatan RT/RW secara resmi dan intensif baik dalam up dating data penduduk maupun perbaikan data pemilih.
2. Peningkatan akuntabilitas proses pencalonan.
Dari segi regulasi, pengaturan tahapan pencalonan yang ada dalam Pasal 59 sampai dengan pasal 64 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 belum cukup memadai. Untuk mengatasi kekurangan ini, ke depan pasangan calon perlu diberi ruang untuk mengajukan keberatan ke pengadilan, jika dalam proses pencalonan dirugikan KPUD.
3. Masa kampanye yang lebih memadai.
Dari segi regulasi, pengaturan mengenai kampanye yang diatur dalam pasal 75 sampai dengan pasal 85 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 belum member! waktu yang cukup, yaitu hanya 14 (empat belas) hari, sehingga tidak cukup bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi lengkap para calon. Untuk itu perlu pengaturan masa kampanye yang cukup dan peningkatan kualitas kampanye agar dapat mendidik pemilih untuk menilai para calon dari segi program.
4.Peningkatan akuntabilitas penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara.
Dari segi regulasi, pengaturan mengenai penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara sebagaimana yang diatur dalam Pasal 96 s/d Pasal 101 UU No. 32 Tahun 2004 masih mengandung celah terjadi manipulasi pada pembuatan berita acara dan sertifikat penghitungan suara yang tidak sama dengan hasil penghitungan suara yang disaksikan oleh masyaakat, karena tidak semua peserta Pilkada menempatkan saksi di setiap TPS dan keterbatasan jangkauan Panwaslu mengawasi penghitungan suara di setiap TPS. Selain itu pengumuman hasil penghitungan suara yang dipasang di setiap TPS hanya selama TPS ada (tidak lebih dari sehari), sehingga para saksi peserta Pilkada kesulitan untuk mengakses hasil penghitungan suara di setiap TPS. Untuk itu perlu pengaturan yang memungkinkan adanya kontrol dari masyarakat/para saksi calon untuk mengakses hasil penghitungan suara di TPS maupun hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara di setiap tingkatan.
5. Peningkatan penyelenggara Pemilu yang adil dan netral
Keberpihakan penyelenggara pemilu kepada salah satu pasangan calon terjadi karena kriteria dalam sistem seleksi para anggota penyelenggara pemilu baru belum menjangkau sikap mental yang diperlukan bagi penyelenggara pemilu yang antara lain harus netral, obyektif, mempunyai integritas tinggi, kesukarelaan/keterpanggilan dalam tugas, dan tidak tidak mudah mengeluarkan statement. Untuk itu dalam revisi UU No. 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu perlu penambahan kriteria sikap mental dimaksud dalam system seleksi anggota penyelenggara pemilu.
6. Minimalisasi Putusan MK yang menimbulkan kontroversi di masyarakat.
Meskipun UU No. 32 Tahun 2004 dan UU No. 12 Tahun 2008 telah membatasi kewenangan pengadilan/mahkamah dalam sengketa Pilkada hanya sebatas sengketa hasil penghitungan suara, namun pengadilan sering menabrak aturan tersebut dan menimbulkan kontroversi. Untuk itu dalam revisi Undang-Undang yang terkait dengan Pilkada masalah ini masalah kontroversi putusan Mahkamah Konstitusi perlu dicarikan jalan keluarnya.
7. Putusan-putusan MK yang membatalkan UU No. 32 Tahu 2004 dan UU No. 12 Tahun 2008 terkait dengan pelaksanaan Pilkada.
a. Putusan MK Nomor 072-073/PUU-ii/2004 telah menganulir Pasal-pasal yang ada dalam Undang-Undang No 32 Tahun 2004 sebagai berikut:
1) Pasal 57 ayat (1) sepanjang anaka kalimat "...yang bertanggung jawab kepada DPRD",
2) Pasal 66 ayat (3) huruf e"...meminta pertanggungjawaban pelaksanaan tugas KPUD",
3) Pasal 67 ayat (1) huruf e sepanjang anak kalimat"... kepada DPRD",
4) Pasal 82 ayat (2) Sepanjang anak kalimat "... oleh DPRD". b. Putusan MK Nomor No 22/PUU-VII/2009 membatalkan Pasal 58 huruf o Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004.
Berkenaan dengan hal tersebut maka dalam revisi Undang-Undang yang terkait dengan Pilkada masalah ini masalah substansi yang telah dibatalkan tersebut untuk tidak diatur lagi.
8. Penyesuaian tata cara pemungutan suara dan penggunaan KTP sebagai kartu pemilih dengan Pemilu DPR, DPD, dan DPRD dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
Berkenaan dengan pelaksanaan Pemilu DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2009 dalam pemberian suara sudah tidak lagi mencoblos tapi menconteng serta penggunaan KTP juga sebagai kartu pemilu, maka untuk tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat perlu dilakukan penyerasian. Untuk itu ketentuan dalam UU No. 32 Tahun 2004 terkait dengan tata cara pemberian suara dan penggunaan kartu pemilih dalam pelaksanaan Pilkada perlu disesuaikan dengan pelaksanaan Pemilu DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2009.
9. Minimalisasi politisasi birokrasi oleh kepala daerah/wakil kepala daerah incumbent dalam Pilkada.
Dalam rangka menjaga kesetaraan (fairness) dan menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Pilkada, kepala daerah/wakil kepala daerah yang akan mencalonkan diri sebagai kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah harus aktif.
10.Penggabungan PILKADA (Pilkada serentak).
Penggabungan pelaksanaan Pilkada diperlukan seiain untuk menghemat biaya Pilkada juga untuk kejenuhan masyarakat pada Pemilu. Ada beberapa opsi penggabungan Pilkada.
Optimasi Penggabungan.
1) Pilkada seluruh Indonesia dilaksanakan secara bersamaan hanya 1 X , yaitu dimulai Tahun 2015.
a) Jumlah care taker kepala daerah yang akan ada 278 kepala daerah, sehingga jalannya pemerintah daerah menjadi kurang optimal.
b) Aparat keamanan harus menggelar pasukan secara serentak di seluruh Indonesia.
c) Isu Pilkada yang tadinya merupakan isu lokal menjadi isu nasional.
d) Dari segi biaya akan dapat dihemat.
2) Pilkada seluruh Indonesia dilaksanakan secara bersamaan 2 X, yaitu dimulai tahun 2013 dan tahun 2015.
a) Jumlah care taker kepala daerah yang akan ada 57 kepala daerah, sehingga jalannya pemerintah daerah menjadi sedikit kurang optimal.
b) Aparat keamanan harus menggelar pasukan secara serentak di + setengah seluruh Indonesia.
c) Isu Pilkada yang tadinya merupakan isu lokal menjadi isu nasional.
d) Dari segi biaya akan dapat dihemat.
3) Pilkada dilaksanakan secara bersamaan di masing-masing wilayah provinsi 1X sesuai jadwalnya.
a) Jumlah care taker kepala daerah yang akan ada 225 kepala daerah, sehingga jalannya pemerintah daerah menjadi kurang optimal.
b) Aparat keamanan harus menggelar pasukan di setingkat Polda.
c) Isu Pilkada merupakan isu lokal.
d) Dari segi biaya akan dapat dihemat.
4) Kepala daerah yang berakhir dalam tahun yang sama dilaksanakan Pilkada secara bersamaan.
a) Jumlah care taker kepala daerah kecil dan dalam waktu singkat, sehingga pemerintah daerah masih berjalan normal.
b) Aparat keamanan harus menggelar pasukan di setingkat Polda atau Polres.
c) Isu Pilkada merupakan isu lokal.
d) Dari segi biaya akan dapat dihemat.
Optimasi penggabungan Pilkada di Indonesia yang paling optimal berdasar kriteria kontinuitas jalannya pemerintahan daerah, kesiapan aparat keamanan, dampak isu yang akan muncul terhadap dan efisiensi biaya didapat alternatif yang memiliki skor terbaik, yaitu : "Kepala daerah yang berakhir dalam tahun yang sama dilaksanakan Pilkada secara bersamaan".
11. Peninjauan sistem pemilihan Gubernur.
Seiring dengan kewenangan gubernur sebagai kepala daerah yang sudah sangat terbatas dan menempatkan peran gubernur sebagai wakil pemerintah yang besar, maka berdasar tinjauan yuridis, filosofis, politis, sosiologis, dan praktis sistem pemilihan gubernur secara langsung sudah dapat dipertahankan lagi dan akan lebih efektif jika pemilihannya dilakukan melalui sistem perwakilan.
12. Peninjauan sistem pemilihan wakil kepala daerah.
Pemilihan wakil kepala daerah dilakukan secara langsung berpasangan dengan kepala daerah, pada banyak daerah telah menimbulkan hubungan yang tidak sinergi dalam menjalankan tugas dan fungsi. Hal terjadi karena latar belakang politik wakil kepala daerah yang juga sarat dengan kepentingan politik menjadikan kedua belah saling waspada atas kemungkinan terjadi manuver politik yang saling menjatuhkan. Berkenaan dengan tersebut perlu dilakukan perumusan ulang sistem pemilhan wakil kepala daerah, agar tidak mengganggu penyelenggaraan pemerintahan daerah dan dapat menempatkan wakil kepala daerah sebagai pembantu untuk perkuatan kepala daerah.
Langganan:
Postingan (Atom)
Entri yang Diunggulkan
Posting Populer
-
KATA PENGANTAR Puji syukur Penulis ucapkan kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan karuniaNya, Penulis masih diberi kesempatan untu...
-
PROPOSAL KEGIATAN PAGELARAN SENI TARI SMAN 11 KAB. TANGERANG I. Latar Belakang Seni merupakan suatu yang tidak da...
-
KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan pertolonganNya, saya dapat menyelesaikan karya ilm...