Sabtu, 23 Mei 2015

Karya Ilmiah tentang Bahaya Merokok

KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah, merupakan satu kata yang sangat pantas Penulis ucapkan kepada Allah SWT, yang karena bimbingan-Nya maka Penulis bisa menyelesaikan sebuah karya tulis yang berjudl “ Bahaya Merokok Bagi Pelajar”.
Sangat pentinglah bagi kami dapat mengetahui bagaimana cara bahayanya merokok ataupun dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan disusunnya karya tulis ini adalah sebagai syarat UN (Ujian Nasional) khusunya dalam pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2014/2015. Karya tulis ini disusun secara ringkas dan mudah dipahami agar dapat dicerna oleh pembaca.

Karya Ilmiah tentang Pembuatan Batu Bata

KATA PENGANTAR
 Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya Penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah tentang “ PEMBUATAN BATU BATA “ ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga Penulis berterima kasih pada Ibu Atik Sugiartik, S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia yang telah memberikan tugas ini kepada Penulis.
Tujuan penyusunan karya tulis ini sebagai persyaratan untuk mengikuti  UN (Ujian Nasional) tahun ajaran 2014/2015. Penulis sangat berharap karya tulis ilmiah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Penulis juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam karya tulis ilmiah  ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, Penulis berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan karya tulis ilmiah yang telah Penulis buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga karya tulis ilmiah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi Penulis sendiri maupun orang yang membacanya.

Karya Ilmiah tentang Kebakaran Hutan

KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada penulis. Sehingga  penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang sangat sederhana ini. Dalam kesempatan ini penulis mengambil judul“KEBAKARAN HUTAN”.
Adapun tujuan Penulis menyusun karya tulis ini sebagai persyaratan mengikuti (UN) 2015 khususnya pelajaran BAHASA Indonesia. Selama pembuatan karya tulis ini penulis telah mendapatkan bantuan berupa bimbingan ataupun petunjuk dari beberapa pihak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu Atik Sugiartik, S.Pd, selaku guru Bahasa Indonesia yang telah membing Penulis sehingga Penulis dapat menyelesaikan tugas karya ilmiah ini.

Karya Ilmiah tentang Pengaruh BJ Habibie Terhadap Perkembangan Teknologi di Dunia

KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah tentang Pengaruh BJ Habibie Terhadap Teknologi di Dunia.
Adapun laporan ini dibuat dalam rangka ringkasan materi dan tugas dari guru. Selama penyusunan makalah ini, penulis menemukan berbagai macam hambatan, namun atas berkat dan rahmat Allah Yang Maha Kuasa akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah dengan baik.

Seni Tari

Sejarah dan perkembangan tari

Tari zaman prasejarah / zaman primitif

Zaman primitif adalah zaman prasejarah yaitu zaman sebelum munculnya kerajaan sehingga belum mempunyai pemimpin secara formal. Zaman primitif ini berkisar anatara tahun 20.000 SM – 400 M.
Pada zaman masyarakat primitive ada 2 zaman yaitu zaman batu dan zaman logam. Pada zaman batu kemungkinan tari – tarian hanya diiringi dengan sorak – sorai serta tepukan tangan. Sedangkan pada zaman logam sudah terdapat peninggalan instrument music yang ada sangkut pautnya dengan tari yaitu nekara atau kendang yang dibuat perunggu.
Diantara lukisan – lukisan yang menghias nekara itu ada lukisan yang menggambarkan penari yang pada kepalanya dihias bulu – bulu burung dan daun – daunan.
Seni muncul dari ungkapan perasaan ekspresi manusia atas suatu suasana tertentu. lonjakan kegembiraan seseorang saat memperoleh kesenangan akan membentuk gerakan ekspresif , lompatan manusia purba ketika berburu binatang juga terjadi secara spontan. Gerakan – gerakan inilah yang kemudian mengkristal dan disusun dalam bentuk tarian. dari berbagai peristiwa sehari – hari kemudian terlahir bentuk – bentuk rangkaian gerak yang diwujudkan dalam bentuk upacra ritual masyarakat purba.
Dengan diiringi pukulan – pukulan genderang dan sejenisnya, kelompok masyarakat purba bergerak – gerak mengelilingi api unggun yang menyala sambil melantunkan mantra – mantra dan nyanyian – nyanyian persembahan bagi nenek moyang mereka. inilah cikal bakal tumbuhnya tari.
Tari primitif merupakan tari yang berkembang di daerah yang menganut kepercayaan animisme, dan dinamisme. Tari ini lebih menekankan tari yang memuja roh para leluhur dan estetika seni. Tari primitif biasanya merupakan wujud kehendak berupa pernyataan maksud dilaksanakan dan permohonan tarian tersebut dilaksanakan.
Ciri tari pada zaman primitif adalah kesederhanaan kostum, gerak dan iringan menjadi lebih dominan bertujuan untuk kehendak tertentu sehungga ungkapan ekspresi yang dilakukan berhubungan dengan permintaan yang diinginkan. ciri – ciri tari primitif antara lain :
  1. gerak dan iringan sangat sederhana berupa hentakan kaki, tepukan tangan / simbol suara / gerak – gerak saja yang dilakukan
  2. gerakan dilakukan untuk tujuan tertentu misalnya menirukan gerak binatang karena berburu, proses inisiasi, kelahiran, perkawinan, panen.
  3. instrumen sangat sederhana terdiri dari tifa, kendang, / intrumen yang hanya dipukul secara tetap bahkan tanpa memperhatikan dinamika
  4. tata rias sederhana bahkan bisa berakulturasi dengan alam sekitar.
  5. tari bersifat sakral karena untuk upacara keagamaan.
  6. tarian primitif tumbuh dan berkembang pada masyarakat sejak zaman prasejarah yaitu zaman sebelum munculnya kerajaan sehingga belum mempunyai pemimpin secara formal. Kehidupan masyarakat masih bergerombol, berpindah – pindah dan bercocok tanam.
  7. tarian primitif dasar geraknya adalah maksud dan kehendak hati dan pernyataan kolektif.
  8. atribut pakaian menggunakan bulu – buluan dan daun – daunan.
  9. formasi pada tarian primitif biasanya berbentuk lingkaran karena menggambar kekuatan.
  10. tarian ini berkembang pada masyarakat yang menganutpola tradisi primitif / purba dimana berhubungan dengan pemujaan nenk moyang dan penyembahan leluhur. Contoh tari primitif tari bailita dan tari dayang modan.

Tari zaman feodal / penjajahan ( 400 M – 1945)

Zaman feodal / zaman penjajahan berkisar antara tahun 400 M – 1945. Jenis Tari zaman feodal ini ditandai dengan bermunculan para pakar tari yang memberikan macam – macam definisi. Tokoh – tokoh tersebut antara lain curt sach, soedarsono, corry hamstrong, la mery dan lain sebagainya.
Pada zaman ini tari memiliki berbagai fungsi antara lain tari upacara, tari hiburan, tari pertunjukan. Tari yang berfungsi sebagai upacara ritual dan yang berfungsi sebagai hiburan pribadi sebagian tidak tercakup karena tari ritual pada umumnya lebih mementingkan tujuan dari pada bentuk penyajiannya, sedangkan tari hiburan lebih mementingkan keikutsertaan penari dalam tari itu dari pada kenikmatan untuk menontonnya.
Pada zaman feodal ini tari di Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan yang datang dari luar khususnya India. Selanjutnya muncul Islam melalui kerajaan – kerajaan di Indonesia saat itu, serta pengaruh perluasan wilayah bangsa barat yang kemudian membawa situasi tari di Indonesia lebih modern.
Perkembangan tari zaman feodal dianggap baik karena pengaruh agama hindu, seni tari merupakan bagian yang penting dalam upacara keagamaan yang salah satu buktinya yaitu terdapat gambar atau relief candi yang menggambarkan para penari sedang menari diiringi beberapa instrumen musik.
Pada zaman Indonesia Hindu lahir tari istana sebagai seni yang memiliki nilai artistik yang tinggi antara lain golek, gambyong. Dengan masuknya pengaruh budaya hindu lahirb wayang wong, sapta bedaya, wayang topeng, sri kepi, klana topeng dan lain sebagainya.
Zaman feodal juga banyak dipengaruhi oleh pengaruh agama Islam. Pengaruh agama Islam yang membawa seni tari lebih berkembang karena digunakan sebagai media penyebaran agama Islam terutama di kerajaan Mataram, Kesultanan Cirebon dan Kerajaan Demak. Pada zaman ini juga muncul beberapa topeng antara lain panji kasatriyan, candra kirana, handoyo, raton, klano, denowo, tembem, pentul dan lain sebagainya.
Setelah zaman invasi (perluasan wilayah) bangsa Barat, seni tari lebih berkembang hal ini terbukti dengan banyaknya tari yang diciptakan oleh penata tari dan bangsawan antara lain tari bedhaya, Srimpi, beksan, wireng, dan drama tari (sendratari). Pada zaman feodal / penjajahan juga banyak muncul tari yang bertemakan kepahlawanan / heroik antara lain tari pejuang, bandayuda, prawiroguna, keprajuritan dan lain sebagainya.

Tari zaman modern ( zaman setelah indonesia merdekan sampai sekarang)

Jenis tari zaman modern ini ditandai dengan munculnya koreografer – koreografer individu yang menciptakan karya – karya baru, lebih sebagai ekspresi diri dari pada ekspresi komunal. Gagasan koreografer individual sebagai sebuah aspek penting dari dampak kebudayaan barat. Tokoh – tokoh tari modern antara lain isadora Duncan, Martha Graham, doris Humphrey, Mary Wigman dan lain sebagainya.
Tokoh tari modern dari Indonesia salah satunya adalah Sardono W Kusumodan Sal Murgiyanto. Karya tari yang muncul pada zaman modern ini antara lain Dongeng dari Dirah, Meta Ekologi, Hutan yang Merintih. Di Indonesia pada masa setelah merdeka juga muncul tari yang bernuansa tradisional garapan baru yaitu tari Karno Tanding, Tari Retno Ngayuda, Tari Retno Tinanding, Tari Menak Koncar dan lain sebagainya.


TARIAN TUNGGAL


Tari Tunggal adalah tarian yang dibawakan atau dimainkan oleh seorang penari, atau duaorang tetapi secara bergantian, Tarian ini biasanya menggambarkan watak seseorang tokoh ataupun seekor binatang.Tari tunggal (solo) dipahami sebagai tarian yang dibawakan oleh seorang penari dalampertunjukan, dan ada pula yang menampilkan tarian tunggal dengan penari yang berbeda-beda secara bergantian. Dalam penyajian tari tunggal, penari memiliki keleluasaan bergerak,karena ia tidak harus tergantung atau berhubungan dengan dengan penari yang lain. Penariharus mampu mengelola bentuk gerak dan iramanya berdasarkan kepekaan sehingga ia lebihleluasa menginterpretasikan atau melahirkan gerak spontan. Hal tersebut dapat dilihat dalammengatur dan menentukan ruang gerak (maju, mundur, berputar-putar, meloncat, dsb),mengatur waktu (kuat-lemah) dan mengungkapkan ekspresi (memaknai gerak, tema dan isi),semua tergantung pada kemampuan dirinya sendiri.
Tari tunggal adalah sebuah tari yang disajikan atau dibawakan oleh satu orang penari,baik penari laki-laki ataupun perempuan. Dalam perkembangannya tari tunggal selain ditarikan oleh satu orang penari tidak menutup kemungkinan dapat ditarikan secara kelompok bahkan masal.Perkembangan ini karena adanya faktor pesanan atau kebutuhan. Contohnya tari tunggal adalah :

Tari Kancet Ledo dari Kalimantan (Dayak Kenyah)
Tari Gandrung dari Batuwangi
Tari Taledhek dari Jawa timur
Tari Gambyong dari Jawa tengah
Tari Cokek dari Jawa tengah
Tari Batek baris dari Sumbawa
Tari Kancet papatai dari Kalimantan (Dayak kenyah)
Tari Kancet lasan dari Kalimantan (Dayak kenyah)
Tari Leleng dari Kalimantan
Tari Hudoq dari Kalimantan
Tari Persembahan dari Kutai Kertanegara
Tari Dewa memanah dari Kutai Kewrtanegara
Tari Srimpi dari Jawa Tengah
Tari Bondhan dari Jawa Tengah
Tari Golek manis dari Jawa Tengah
Tari Golek Kanya dari Jawa Tengah
Tari Mani poreng
Tari Merak dari Sunda dan Bali
Tari Pendet dari Bali

Unsur Seni Tari

Wiraga  
  • Peragaan atau sikap dan gerak dari seluruh anggota tubuh 
  • Penguasaan ketrampilan gerak dalam tari.

Wirama  
  • Ketukan / irama dan dinamika perpindahan sikap gerak yang selaras dalam tari.
  • Kemampuan membedakan frase-frase yang menjadi bagian pokok dalam musik.

Wirasa  
  • Ekspresi raut muka /mimik yang menggambarkan karakter tarian.
  • Penghayatan gerak sesuai dengan tuntutan tarian.

Wirupa 
Penampilan penari dari ujung atas sampai ujung bawah (performers).


Sumber:
http://ayomenari.com/sejarah-dan-perkembangan-tari/
http://keseniantariayu.blogspot.com/p/blog-page_2943.html
http://bahanpelajaransekolah.blogspot.com/2011/03/pelajaran-seni-budaya-tentang.html

Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD Kelas 2 [1]

MATA PELAJARAN:  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS / SEMESTER:  II / 1
MATERI:  DOKUMEN DAN BENDA BERHARGA
   DALAM KELUARGA (BAGIAN I)
WAKTU:  30 MENIT
Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !!
1.Benda berikut yang bukan termasuk benda berharga keluarga, adalah :
a.Album foto
b.Akta kelahiran
c.Koleksi gambar doraemon edisi terbaru
d.Kartu Tanda Penduduk
2.Agar album foto bisa tahan lama dan mudah dicari, maka album foto :
a.Harus disimpan di tempat yang tersembunyi
b.Dititipkan di tempat tetangga
c.Dibiarkan saja
d.Dijaga, dirawat dan disimpan dengan rapi di lemari atau rak
3.Koleksi foto keluarga berguna untuk :
a.Sumber cerita tentang masa lalu
b.Menumbuhkan kasih sayang dalam keluarga
c.Mengingat kisah-kisah ketika masih kecil
d.Jawaban a, b dan c benar
4.Pernyataan di bawah ini yang benar adalah :
a.Setiap keluarga hanya memiliki satu kartu keluarga
b.Keluarga pak Agus memiliki tiga kartu keluarga
c.Kartu keluarga berisi daftar nilai hasil belajar
d.Setiap pelajar memiliki kartu keluarga
5.Kartu keluarga berisi :
a.Nama anggota keluarga, nama orang tua dan status dalam keluarga
b.Tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan, agama  dan pekerjaan
c.Golongan darah, nomor induk kependudukan dan status pernikahan
d.Jawaban a, b dan c benar
6.Apa yang harus dilakukan jika terdapat perubahan anggota keluarga :
a.Diam saja, tidak perlu melakukan apapun
b.Melapor ke kelurahan untuk perubahan kartu keluarga
c.Melapor ke kantor polisi terdekat
d.Melapor ke kepala sekolah
7.Kartu keluarga diperlukan ketika akan membuat :
a.Kartu tanda penduduk, akta kelahiran, surat keterangan dari kepolisian
b.Ijazah, kartu pelajar atau buku rapor
c.Buku tabungan atau piagam penghargaan
d.Izin rumah bertingkat
8.Kepanjangan dari KTP adalah :
a.Kania Teman Pipit
b.Kartu Tanda Pelajar
c.Kartu Tanda Penduduk
d.Kartu Tanda Pajak
9.Pernyataan yang benar tentang KTP adalah :
a.Diperoleh seseorang seteha berumur 17 tahun
b.KTP berlaku 5 tahun, setelah itu dapat diperbaharui kembali
c.Tanggal berakhirnya KTP sesui dengan tanggal dan bulan pemilik KTP
d.Jawaban a, b dan c benar
10.KTP berisi informasi tentang :
a.Nama, nomor induk kependudukan (NIK), Agama, alamat dan foto
b.Tempat tanggal lahir, golongan darah, jenis kelamin dan pekerjaan
c.Kewarganegaraan, tanda tangan / cap jempol dan masa berlaku KTP
d.Jawaban a, b dan c benar
11.Surat keterangan kelahiran disebut juga dengan :
a.Kartu keluargac. Akta kelahiran
b.Kartu menju sehat (KMS)d. Akta pertumbuhan bayi
12.Akta kelahiran berisi :
a.Nomor induk kependudukan (NIK), agama dan kewarganegaraan
b.Nama anak, tempat tanggal lahir, nama ayah dan ibu serta kota dan tanggal pembuatan akta
c.Nama dokter / bidan yang membantu kelahiran dan tetangga yang membantu proses kelahiran
d.Jawaban a, b dan c benar
13.Peryataan yang benar tentang akta kelahiran adalah :
a.Dibuat setelah kita lahir
b.Dibuat oleh kantor catatan sipil
c.Memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah sebagai syarat ketika kita mendaftar sekolah
d.Jawaban a, b dan c benar
14.Kartu yang dimiliki oleh setiap siswa adalah :
a.Katu tanda pendudukc. Kartu pelajar
b.Kartu keluargad. Kartu tabungan
15.Kartu pelajar berfungsi sebagai :
a.Identitas siswa
b.Bukti pembayaran SPP
c.Kartu bukti lulus sekolah
d.Kartu anggota OSIS
16.Kartu pelajar menerangkan :
a.Nama siswa, nama dan alamat sekolah, nomor induk dan foto siswa
b.Nama orang tua, nama wali kelas dan nomor telepon
c.Tempat tanggal lahir, agama, golongan darah dan alamat siswa
d.Jawaban a dan c benar
17.Kartu pelajar akan berlaku :
a.Selama seseorang terdaftar menjadi siswa sekolah yang bersangkutan
b.5 tahun, setelah itu dapat diperbaharui kembali
c.Selamanya asal tidak rusak
d.Seumur hidup
18.Surat tanda tamat belajar dari suatu sekolah sering juga disebut dengan :
a.Piagam penghargaan
b.Surat lulus
c.Ijazah
d.Surat keterangan guru
19.Ijazah berisi :
a.Nama siswa, tanggal kelulusan dan nama sekolah
b.Nilai hasil belajarm nomor induk siswa dan nama orang tua atau wali
c.Tanda tangan siswa dan kepala sekolah
d.Jawab a, b dan c benar
20.Ijazah diperlukan untuk :
a.Melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi
b.Membuka usaha atau berdagang
c.Membuat kartu tanda penduduk (KTP)
d.Jawaban a, b dan c benar
Selamat Mengerjakan !!!

Soal Matematika SD Kelas 2 [Bag. I]

MATA PELAJARAN:MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER:II / 1
MATERI:PENJUMLAHAN & PENGURANGAN BILANGAN
WAKTU:50 MENIT
Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !!
1.Lambang bilangan “tiga ratus tiga puluh tiga” adalah :
a.33c. 330
b.303d. 333
2.Lambang bilangan 221 dibaca :
a.Dua dua satuc. Dua ratus dua puluh
b.Dua ratus satud. Dua ratus dua puluh satu
3.Lambang bilangan 308 dibaca :
a.Tiga nol delapanc. Tiga ratus delapan
b.Tiga puluh delapand. Tiga ratus delapan puluh
4.Bilangan yang lebih kecil dari 304 adalah :
a.288c. 333
b.402d. 404
5.Bilangan yang lebih besar dari 122 adalah :
a.120c. 211
b.112d. 99
6.Bilangan 222, 202, 212, 200 bila diurutkan dari bilangan yang terkecil adalah :
a.222, 212, 202, 200c. 200, 202, 212, 222
b.200, 212, 202, 222d. 222, 200, 202, 212
7.Bilangan 123, 234, 321, 111 bila diurutkan dari bilangan yang terbesar adalah :
a.111, 123, 234, 321c. 321, 123, 234, 111
b.123, 321, 111, 234d. 321, 234, 123, 111
8.Angka puluhan dari bilangan 432 adalah :
a.4c. 2
b.3d. 1
9.Angka 4 pada bilangan 349 memiliki nilai…
a.40c. 49
b400d. 4
12.Mama memasukkan 110 jeruk ke dalam keranjang. Di dalam keranjang ternyata sudah ada 220 jeruk. Berapa buah jeruk yang ada dalam keranjang sekarang?
a.300c. 340
b.330d. 500
14.Perbandingan dua bilangan yang benar adalah :
a.344 < 288c. 177 > 117
b.312 > 333d. 98 < 89
15.Perhatikan susunan bilangan 123, 231, 321 dan 131. Bilangan yang paling kecil adalah…
a.231c. 131
b.123d. 321
16.Bilangan yang paling besar dari 444, 333, 434 dan 399 adalah…
a.333c. 399
b.434d. 444
17.Urutan bilangan dari yang paling kecil ditunjukkan oleh..
a.68, 86, 96, 69c. 300, 330, 390, 369
b.111, 143, 157, 300d. 212, 313, 441, 414
18.Urutan bilangan dari yang paling besar ditunjukkan oleh…
a.222, 333, 444, 555c. 398, 298, 289, 267
b.112, 221, 314, 344d. 277, 276, 275, 374
19.Bentuk panjang dari 254 adalah…
a.2 satuan + 5 puluhan + 4 ratusan
b.2 puluhan + 5 ratusan + 4 satuan
c.2 ratusan + 5 puluhan + 4 satuan
d.4 ratusan + 2 puluhan + 5 satuan
20.Angka 1 pada bilangan 197 menempati…
a.Ratusanc. Satuan
b.Puluhand. Puluhan dan Satuan
21.3 ratusan + 2 puluhan + 9 satuan = …
a.239c. 329
b.923d. 392
22.Selisih nilai angka-angka 3 pada bilangan 363 adalah…
a.0c. 297
b.279d. 300
23.5 ratusan – 4 puluhan = …
a.1c. 460
b.54d. 496
24.2 ratusan + 7 satuan = …
a.9c. 207
b.27d. 270
25.Selisih nilai angka-angka 5 pada bilangan 255 adalah …
a.0c. 50
b.45d. 495
Selamat Mengerjakan !!!

Entri yang Diunggulkan

Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia

Posting Populer